Rekomendasi Produk Basic Skincare di Bawah Rp 100.000

April 14, 2020


Hari ini aku mau ngomongin salah satu hal paling penting ketika kita baru belajar menyusun skincare routine; basic skincare. Sebelumnya aku udah pernah bikin videonya di Youtube, cuma kali ini bukan cuma aku mau jelasin sedikit soal basic skincare, tapi aku juga mau ngasih rekomendasi produknya. Karena aku sering banget dapat pertanyaan di DM Instagram atau Twitter, tentang produk basic skincare yang nggak terlalu mahal dan mudah didapatkan di drugstore seperti Guardian atau Watson. Makanya aku memutuskan buat bikin postingan tersendiri supaya teman-teman semua bisa lihat dan baca langsung.

Mengenal basic skincare

Sebelumnya mungkin masih ada yang bertanya-tanya, basic skincare itu apa aja, dan kenapa penting untuk punya basic skincare yang kuat sebelum mulai bereksperimen nyobain bermacam-macam produk.  Basic skincare itu bisa dibilang pondasi dalam dunia skincare.  Apalagi ketika kita baru aja mau mencoba mengenalkan kulit dengan produk-produk skincare, kulit kita pasti butuh penyesuaian. Mempunyai rangkaian basic skincare yang kuat akan memudahkan kita buat menangani berbagai macam permasalahan kulit ke depannya.

Basic skincare itu sendiri mengenal metode  CTMP; Cleansing, Toning, Moisturizing, dan Protecting. 
Jadi basic skincare itu justru sangat minimalis dan jumlah produknya juga nggak sebanyak metode 10 steps Korean skincare routine karena cuma butuh empat sampai lima produk. Ketika kita baru mulai menyusun basic skincare, yang harus kita fokuskan adalah cleanser/pembersih wajah yang gentle di kulit, nggak akan bikin kering ataupun iritasi, lalu toner yang memiliki fungsi untuk mengembalikan pH wajah setelah terkena sabun muka, kemudian moisturizer, dan terakhir sunscreen, sebagai perlindungan terhadap kulit. Jadi sebetulnya nggak perlu merasa bingung atau overwhelmed harus memulai dari mana ketika mau pakai skincare, karena fokusnya cuma ada di empat produk ini. Baru kalau basic skincare udah terpenuhi (dan semuanya cocok di kulit), kalian bisa mulai merambah ke step lainnya yang lebih advance seperti exfoliator, retinol, serum dan essence, dll.

Produk basic skincare yang gentle di kulit

Sejak beberapa bulan terakhir ini aku mulai perlahan mengganti produk-produk skincareku dengan produk yang formulanya sudah gentle. Sebelumnya mau terima kasih banget sama Glow Necessities karena kalau kalian belum follow mereka di Instagram, kalian harus banget. Aku belajar banyak ilmu dasar tentang skincare dari mereka yang sebetulnya sangat fundamental tapi sering kita lupakan. Aku berkiblat sama rekomendasi Glow Necessities karena mereka mengedepankan riset terhadap produk skincare yang memang sudah gentle di kulit. Gentle di sini maksudnya adalah;  no alcohol, no fragrance, no essential oil. 

Pentingkah pakai produk yang formulasinya sudah gentle? Jawabannya, huge yes! Produk yang formulanya sudah gentle punya chance lebih rendah untuk mengiritasi kulit, walaupun  belum tentu semua gentle products bakal cocok di kulit kamu  karena balik lagi yang namanya skincare itu selalu cocok-cocokan. Tapi seenggaknya kulit akan lebih bahagia dan sehat dibanding pakai produk dengan kandungan alcohol, fragrance, ataupun essential oil. Aku sendiri sudah membuktikan, setiap kali aku mulai iseng pakai produk yang nggak gentle, kulitku pasti berulah. Barulah ketika aku kembali lagi pakai produk yang gentle di kulit, kulitku langsung kalem dan permasalahan kulit juga nggak sulit dituntaskan.

Di sini aku udah kumpulin jadi satu semua produk basic skincare yang gentle dan terkurasi (dengan sedikit mencontek dari Glow Necessities) yang bisa kalian temukan di drugstore seperti Watson atau Guardian:

  • Garnier Micellar Cleansing Water (Pink) / Rp 32.000-Rp 99.000 — Sebetulnya aku kurang menyarankan penggunaan micellar water sebagai first cleanser, cuma semua first cleanser yang aku punya dan aku udah coba harganya di atas Rp 100.000. Jadi yang bisa aku rekomendasikan cuma micellar water Garnier ini. Dibandingkan varian lainnya yang biru dan biphase, yang pink ini adalah yang paling gentle di kulit. Rekomendasi produk lainnya untuk first cleanser ada cleansing oil Hada Labo yang harganya sekitar Rp 70.000, cuma aku sendiri belum pernah coba jadi belum berani rekomendasikan. Yang mau baca soal double cleansing, bisa cek postingan ini.
  • Simple Refreshing Facial Wash / Rp 56.000 — Untuk sabun muka, selalu pilih sabun muka yang nggak bikin kulit jadi semakin kering atau kerasa ketarik setelahnya. Mungkin kalian pikir kalau setelah cuci muka rasanya kulit jadi kesat itu berarti kulit kalian sudah bersih ya, tapi tanpa kalian sadari sabun muka seperti itu justru menghilangkan NMF (Natural Moisturizing Factor) dari kulit dan bisa jadi sumber masalah di kemudian hari. Coba beralih ke sabun muka dengan busa yang minimal dan nggak bikin kulit kesat. Mungkin rasanya akan aneh buat pertama kali kalau mau beralih ke gentle face wash karena biasanya mereka terasa sulit dibersihkan. Tapi nanti kalau sudah terbiasa justru kalian nggak akan bisa berpaling dari gentle face wash.
  • Hada Labo Gokujyun Light Lotion / Rp 39.000 — Penting untuk punya hydrating toner yang bisa mengembalikan hidrasi ke kulit setelah kena sabun muka. Karena pada hakikatnya semua sabun muka pasti akan bikin kulit kita terasa kering at somet point, dan kulit yang kering rentan iritasi. Itulah kenapa punya hydrating toner yang bisa memberikan hidrasi yang cukup ke kulit sangat penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.
  • COSRX Oil-free Ultra Moisturizing Lotion / Rp 285.000 — Untuk moisturizer ini jadi satu-satunya yang harganya di atas Rp 100.000, karena jujur dari semua moisturizer yang udah aku cobain, menurutku dia yang paling nggak neko-neko dan basic. Dia bagus buat mengunci kelembaban jadinya kulit nggak semakin tambah kering. Harganya memang cukup mahal, tapi satu botolnya bisa awet dipakai sampai setahun. Dan menurutku karena formulanya memang bagus di kulit, jadinya harga segitu termasuk investasi.
  • Skin Aqua SPF 50+ PA+++ / Rp 62.000 — Banyak sebetulnya pilihan sunscreen di bawah Rp 100.000, merk Skin Aqua ini cuma salah satunya. Rekomendasiku yang lain ada Nivea Sun Serum, atau L'Oreal Matte & Fresh. Sunscreen ini mungkin jadi satu-satunya hal yang menurutku wajib banget. Kalau tahapan lainnya itu bisa dikondisikan lah, tapi pemakaian sunscreen itu nggak bisa dikompromi. Sunscreen itu selain sebagai pelindung dari sinar UVA dan UVB, juga sebagai anti-aging, dan tanpanya semua produk yang kamu pakai itu nggak berguna. Jangan pernah skip sunscreen, apapun kondisinya, walaupun kalian cuma stay di dalam ruangan kecuali kalian tinggal di kamar gelap yang nggak ada akses cahaya sama sekali. Jangan pernah menggampangkan sunscreen ya teman-teman, please :( Nggak ada gunanya kalian pakai serum berjuta-juta kalau pakai sunscreen aja kalian pelit dan irit-irit. Aku juga selalu merekomendasikan sunscreen dengan SPF 50 supaya perlindungannya lebih ekstra.

Rekomendasi produk ini semuanya udah aku pernah pakai dan tes sendiri, dan semuanya cocok di kulitku. Produk-produk ini adalah P3K buatku ketika aku lagi mencoba pakai produk skincare baru dan nggak cocok, aku bakal balik ke mereka. Tentunya aku tetap nggak bisa menjamin semua produk ini bakal cocok juga di kamu, apalagi kalau kita punya tipe kulit yang berbeda (aku oily btw). Kalau misalnya kalian ada rekomendasi produk basic skincare juga, yuk share di kolom komentar supaya teman-teman lainnya juga bisa lihat!

Post a Comment