Innertrue Awakening Cleansing Gel Review

July 07, 2020


Salah satu faktor yang membuatku aku semakin mantap melangkahkan kaki jadi beauty reviewer adalah karena semakin ke sini, local brand semakin menunjukkan inovasi dan nggak lagi takut untuk bikin sesuatu yang out of the box. Kalau dulu aku sempat berpikir lipstik matte itu cuma ada di luar negeri, sekarang lip product dari brand lokal mana sih yang nggak punya lipstik matte? Dulu aku obsessed buat cari beauty product dari brand luar negeri karena pilihan dari brand lokal nggak banyak, tapi sekarang baik untuk make-up maupun skincare udah berani bersaing buat ngeluarin produk-produk baru.

Kali ini aku mau ngomongin soal local brand yang masih terbilang cukup baru yaitu Innertrue. Awalnya sih tahu karena dia dijual sama Glow Necessities, dan sebagai pecinta gentle cleanser, tentunya aku nggak bisa skip dong buat cobain Innertrue Awakening Cleansing Gel, apalagi karena dia dari brand lokal, jadinya lebih mudah didapat juga nggak perlu sampai PO segala macem hehe. Innertrue ini produknya ada beberapa. Selain cleanser, mereka juga ngeluarin serum, moisturizer, dan toner.



INFO PRODUK

  • Nama brand: Innertrue
  • Nama produk: Awakening Cleansing Gel
  • Jenis produk: Sabun muka
  • Ukuran: 100 ml
  • PAO: 24 bulan
  • Harga: Rp 120.000
  • Tempat beli: Shopee Official Innertrue
  • BPOM: NA18191205633

Ngomongin soal gentle skincare, sebetulnya aku bukan orang yang saklek semua produk yang aku pakai harus punya formula yang gentle. Cuma memang khusus untuk cleanser, aku sebisa mungkin pakai yang gentle karena kulitku rentan dehidrasi dan kalau salah cleanser bisa bikin kulit jadi semakin dehidrasi, kalau udah dehidrasi bakal rentan jerawatan. Salah satu ingredients dalam cleanser yang aku hindari adalah SLS atau Sodium Lauryl Sulfate. Untungnya dalam cleanser Innertrue ini, surfaktan yang mereka pakai adalah SLES atau Sodium Laureth Sulfate. Walaupun namanya hampir mirip, tapi keduanya berbeda. SLES nggak akan bikin muka terasa kering atau ketarik seperti SLS, dan biasanya cleanser dengan kandungan SLES juga nggak menghasilkan busa melimpah. Selain itu, ada banyak star ingredients di dalamnya seperti niacinamide, lactic acid, dan salicylic acid yang bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Ingredients: Aqua, Sodium Laureth Sulfate, Potassium Cocoyl Glycinate, Cocamidopropyl Betaine, PEG-120 Methyl Glucose Dioleate, Butylene Glycol, Hydroxyethyl Urea, Aloe Vera Leaf Extract, Niacinamide, Allantoin, Disodium EDTA, Lactic Acid, Salicylic Acid, Curcuma Longa (Turmeric) Root Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Tranexamic Acid, Licorice (Glyvurrhiza Glabra) Extract, Bisabolol, Tetrapeptide 45, Fructooligosaccharides, Beta Vulgaris Root Extract, Dmdm Hydantoin.



Wanginya ini khas salicylic acid, sebelumnya aku pernah coba dari cleanser dengan salicylic acid dari COSRX dan di aku rasanya masih terlalu kering. Sejak saat itu aku jadi suka sensi sama salicylic acid karena coba dari brand lainpun juga kurang cocok. Mungkin karena di dalam produk ini ingredients salicylic acid ada jauh di urutan bawah jadi nggak seintens itu ya rasanya, makanya di aku rasanya cleanser ini nggak bikin kulit kering. Teksturnya cair banget kayak air, dan warnanya putih keruh gitu. Kalau biasanya pakai sabun muka aku bisa ngukur sebesar biji jagung, sama Innertrue Awakening Cleansing Gel ini agak susah ngaturnya karena dia gampang keluar dari botolnya. Dan sebetulnya nggak butuh banyak banyak juga, biasanya aku pakai sekitar satu ruas jari aja buat semuka.

Cleanser ini nggak bikin breakout di aku, nggak meninggalkan rasa kesat, dan rasanya juga muka tetap bersih. Biasanya kalau dengan gentle cleanser itu karena mereka nggak ngasih banyak busa, kita jadi suka mikir ini sebenernya udah bersih apa belum kan. Nah Innertrue ini tetap berasa kalau kita udah cuci muka kok hehe. Untuk efek mencerahkannya sih aku kurang tahu ya dia efektif atau nggak, karena selain aku pakai serum untuk mencerahkan dan sunscreen, rasanya untuk produk bilas bisa jadi nggak terlalu efektif. Tapi menurutku it's a good option untuk kalian yang juga lagi mencari gentle cleanser.

7 comments

  1. Harganya lumayan ya utk cleansing gel. Tapi aku tertarik tuh karna ada niacinamide nya. Rekomen kah untuk kulit kombinasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, very recommended! Sebetulnya sih untuk segala jenis kulit menurutku oke oke aja, tapi aku sendiri kulitnya berminyak jadi keep in mind aja I speak on behalf of my skin type :)

      Delete
  2. Pas banget nih, Dyn. Aku lagi cari-cari rekomendasi cleanser yang gentle. Soalnya cleanser yang aku pakai sekarang bikin kulit tambah kering dan kerasa ketarik banget.😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah dicoba aja Roem! Di awal-awal sih aku sempat ngerasa 'meh' sama produk ini, tapi lama kelamaan ternyata nyaman banget di kulit rasanya :D

      Delete
  3. Kak Dyn, ini produknya jadi gampang keluar sendiri dari produknya karna teksturnya lebih runny kah dari cosrx? Atau karna desain packagingnya aja? Btw ini menarik bgt sih warna packagingnya, gemes!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, dia teksturnya tuh super cair! xD Judulnya gel, tapi beda banget dari gel cleanser yang selama ini aku kenal wkwkwk.

      Delete
  4. Kak, itu produknya kalau di posisiin ke bawah (kayak mau ambil cleansernya) trus dibuka tutupnya bakalan tumpah gitu ga kak? Cair banget ya kak?

    ReplyDelete