Produk Make-up Terbaik di Tahun 2019

January 06, 2020


Sepanjang tahun 2019 kemarin, selain aku mulai berani explore skincare, aku juga nggak lupa buat explore make-up, terutama dari brand lokal. Apalagi menjelang akhir tahun kemarin banyak banget produk baru yang dikeluarin sama brand lokal mulai dari lip product, face product, sampai eyeshadow. Oh iya ngomongin soal brand lokal, aku jadi ingat soal apa yang dishare sama Tasya Farasya soal produk KW yang suka dipromosikan sama selebgram itu berbahaya, tapi Tasya malah diserang balik sama pemilik olshop barang KW. Sedih rasanya kalau lihat masih banyak orang yang suka belanja barang KW, dengan alasan, "Ya nggak semua orang punya uang buat beli yang ori". Oh honey, ori itu nggak sama dengan mahal lho. Kalau memang nggak punya uang buat beli barang branded yang original, ya jangan dipaksa, kalau gitu kan namanya memang gengsi aja ups.

Ya intinya, aku mau ngomong kalau sekarang ini udah nggak zamannya lagi berlomba-lomba punya barang branded. Apalagi kalau soal make-up dan skincare, brand lokal Indonesia udah mulai menaikkan standar mereka apalagi sejak brand-brand baru kayak BLP, Rollover Reaction, The Bath Box, Dear Me Beauty, ESQA dll bermunculan. Pixy aja sampai ganti logo dan redesign packaging lip cream mereka supaya bisa masuk ke pasar yang suka dengan kemasan minimalis dan simple supaya mereka nggak kelihatan ketinggalan. Ya walaupun Pixy itu nggak sepenuhnya lokal asli Indonesia ya, karena mereka masih ada di bawah naungan perusahaan Jepang.


Jadi untuk kategori best make-up of the year 2019, aku pilih at least satu produk untuk setiap langkah dalam make-up biar nggak bingung dan kebanyakan milih:

  • BEST PRIMER: Banila Co Dear Hydration Boosting Cream — Oke, jadi ini bukan primer beneran, ini aslinya adalah moisturizer. Tapiii, aku menemukan kalau pakai moisturizer ini sebelum aku make-up an, justru mukaku nggak jadi kilang minyak karena dia bisa menjaga kelembaban kulit. Hasilnya muka nggak memproduksi minyak berlebih. Dia memang punya klaim bagus dipakai sebelum make-up. Selain nahan minyak, dia juga bikin kulit jadi lebih halus dan surprisingly nggak bikin concealer atau foundation jadi misah nggak jelas. [REVIEW]
  • BEST FOUNDATION: Wet N Wild Photofocus (Desert Beige) — Sebelumnya aku cuma punya foundation Maybelline Fit Me Matte & Poreless, dan aku nggak suka karena dia oxidize banget, teksturnya juga nggak smooth di kulit. Dari dulu selalu pengen cobain foundation Wet N Wild karena Tati bilang ini salah satu drugstore foundation kecintaannya dan benar dong. Coveragenya medium to full, smooth banget, oxidize tapi sedikit banget nggak sampai heboh jadi kucel, dan nyatu banget sama kulit!
  • BEST CONCEALER: Makeup Revolution Conceal & Define (C11) — Hhhh pusing banget, menemukan concealer ini rasanya kayak menemukan oase di padang pasir. Dua kali punya concealer, satu dari Colourpop, satu dari Maybelline, dua-duanya nggak ada yang bisa menarik hati kecuali Makeup Revolution! Aku udah pernah review dia di sini, dan coveragenya sebagus itu guys. Harganya super affordable, di bawah Rp. 150.000, shadenya banyak banget, tapi kualitasnya luar biasa. Nggak oxidize sama sekali, waterproof, dan nggak susah diblend. [REVIEW]
  • BEST LOOSE POWDER: BLP Beauty Face Powder (Medium Beige) — Ini last minute banget masuk ke dalam best make-up of the year karena aku baru nyobain ini sekitar pertengahan Desember kemarin. Memang dari awal udah banyak yang bilang dia sebagus itu, jadi aku harus nyobain sendiri dong. Butirannya halus banget di muka, mattifying, nahan minyak, dan nggak terlalu mengubah warna kulit.

  • BEST PRESSED POWDER: Pixy Make It Glow Silky Powdery Cake (301 Medium Beige) — Selama setahun belajar make-up, susah banget rasanya nemuin bedak yang pas di kulit aku. Suatu hari temanku rekomendasiin ini dan katanya ini nggak bikin tekstur muka jadi semakin kelihatan karena dia halus banget dan finishnya pun beneran glowy. [REVIEW]
  • BEST BRONZER: Physicians Formula Butter Bronzer (Deep Bronze) — Dari segi packaging, tekstur, wangi, performa, ketahanan, semuanya top banget hhh cinta deh! Dia super buttery, gampang diblend ke kulit dan nggak bikin muka kelihatan tambah kotor hihi. [REVIEW]
  • BEST HIGHLIGHTER: Becca Shimmering Skin Perfector (Opal) — Wow, kalau ngomongin soal highlighter mah Becca nggak usah diragukan lagi ya, mereka memang juaranya deh. Yang aku punya ini sebetulnya lepasan dari set Glow on The Go mereka, makanya kecil. Tapi sekecil ini juga awet banget karena nggak butuh banyak, pakai sedikit aja udah langsung glowing. [REVIEW]
  • BEST LIPS: L'Oreal Rouge Signature (116 I Explore) — Baru punya akhir-akhir 2019 karena memang dia produk keluaran baru, tapi langsung bisa menggeser semua lipstikku selama setahun. Selain karena warnanya yang MLBB, dia juga enak banget dipakai setiap hari karena nggak berat sama sekali. [REVIEW]


  • BEST LIPS: Dear Me Beauty Lip Gloss (Dear Audrey) — Sebetulnya akhir-akhir ini agak sensi sama Dear Me Beauty karena dua kolaborasi terakhirnya yang ngeluarin warna membosankan, cuma dengan packaging yang lucu aja karena kolabnya sama makanan. Nggak ngerti juga kenapa tiba-tiba beli lip gloss mereka, padahal sedikit banget yang bahas, bahkan kayaknya aku nggak baca reviewnya sama sekali sebelum memutuskan buat beli. Turns out, dia sebagus dan senyaman itu dipakai bahkan buat sehari-hari, padahal dia lip gloss, yang biasanya lebih cocok buat event tertentu.
  • BEST LIPS: Fenty Beauty Gloss Bomb (Fenty Glow) — Telat banget kayaknya buat nyobain Gloss Bomb, tapi ya karena baru ada uangnya sekarang jadi baru nyobain sekarang hahah! Emang dia cantik banget sih, mau dipakai sendiri atau ditimpa di atas lipstik lainnya, nggak akan terlalu ngubah warna dan glitternya nggak terlalu besar jadi sheennya masih kalem. Apalagi wanginya itu haduuh rasanya pengen dimakan! [REVIEW]
  • BEST SETTING SPRAY: Studio Tropik Original Priming Water — Udah lama banget punya setting spraynya Studio Tropik, kayaknya beli udah hampir setahun yang lalu tapi baru dibuka tengah tahun 2019 karena penasaran sama performanya. Overall dia memang bagus sih, bisa bantu make-up lebih nyatu sama muka, nahan minyak, dan wanginya pun enak. Cuma satu kurangnya itu semprotannya jelek. Tapi banyak yang bilang mereka udah ngerombak sprayernya jadi harusnya sekarang udah bagus. [REVIEW]
  • BEST EYESHADOW: Morphe 35H — Sejak punya eyeshadow palette Focallure x Tasya Farasya aku, aku jadi senang banget bikin eye look, apalagi karena akhirnya kenalan juga sama liquid eyeshadownya Brun Brun. Tapi karena warnanya di paletnya Focallure kurang beragam, aku memutuskan buat beli eyeshadow Morphe yang 35H karena ada warna biru dan pilihannya juga banyak banget. Harganya Rp. 400.000, isinya 35 pan eyeshadow, pigmentasinya oke banget ya ampun, shimmer dan mattenya bagus-bagus, Focallure nggak ada apa-apanya huhu.
Nah aku ada tambahan dua produk yang wajib aku mention, tapi nggak bisa dibilang 'the best' karena aku baru nyoba mereka doang, belum sampai bandingin. Yang pertama ada Pixy Make It Glow Dewy Cushion (301 Medium Beige). Ini adalah cushion pertamaku, dan aku beli karena waktu itu lagi promo beli cushionnya gratis refill. Sejauh ini cushionnya Pixy memang enak dan coveragenya pun oke buat sehari-hari, tapi karena aku belum coba cushion lainnya, jadi belum tahu apakah dia memang sebagus itu atau ada yang lebih bagus lagi. Yang kedua adalah Brun Brun Liquid Eyeshadow (Golden Rose) yang sebelumnya udah pernah aku review. Dia memang bagus banget, parah. Pigmented banget dan harganya pun murah banget. Aku tapi belum coba banyak liquid eyeshadow, jadi belum bisa bilang dia jadi the best liquid eyeshadow, tapi wajib disebut hehe.

-----

Wah, panjang banget postingannya, capek juga nulis banyak begini hahah. Next aku bakal post juga best skincare of 2019 versi aku, ditunggu yah!

Post a Comment